Untuk kesekian kalinya, aku bercerita soal polah pengendara saat mengisi BBM di SPBU; menggoyang-goyangkan kendaraannya saat bensin diisikan ke dalam tangkinya. (Maaf, bukan bermaksud menyindir yang biasa melakukannya, apalagi menghina).

Kamis siang ini (8/6), sekitar jam 12-an, aku mengisi tangki Tornie di SPBU Jalan Kartini Kota Depok. Persis di depanku ada motor bebek Yamaha Jupiter Z sedang diisi tangkinya dengan premium. Bukan premium atau pertamax sih yang mau aku ceritakan, tapi menggoyang-goyangnya itu.

Rupanya, pengendara motor itu, seorang pemuda berpostur kurus usia 20-an, mau membuat motor itu “full tank” alias mengisi sampai penuh. Motor yang distandar berdiri itu terus menerus digoyang-goyangkannya, bahkan makin lama makin keras goyangannya (kalau gempa, mungkin 6,0 pada skala richter).

Padahal tangki itu sebentar lagi penuh…

Aku menyaksikannya sambil terdiam. Juga pengendara lainnya yang berada dalam satu antrian. Buktinya, tak terdengar suara dari mereka. Mungkin kami menunggu, apa yang bakal terjadi. Seperti menantikan hasil percobaan Prof Sogi dalam acara “Ranking 1” Trans TV.

Ternyata sodara-sodara, bensin itu tumpah, memenuhi tatakan di bibir tangki yang memang terdapat pada motor itu. Dengan santai petugas SPBU mengelapnya dengan lap yang memang disediakan. Entah si pelaku “goyang maut” itu, nyesel apa nggak. Tampaknya sih santai saja.

Tuh kan? Yang namanya benda cair, saat diisikan pada wadah sambil digoyang-goyang, saat benda cair itu hampir menyentuh bibir wadah tersebut, pasti benda cair itu bakal terlempar ke luar wadah.

Ibaratnya, anda mengisi botol air di dispenser. Lalu botol itu terus digoyang-goyang. Pada akhirnya, air bukan hanya memenuhi botol, tapi juga tercecer ke mana-mana.

Komentar petugas SPBU: “Tau tuh, tadinya mau saya isikan dengan hati-hati. Tapi karena motor terus digoyang-goyang, jadi tumpah deh.”

Baca pula:
http://tianarief.multiply.com/journal/item/2147/Ngisi_Bensin_Kok_Ketok-ketok_Tangki
http://satriadharma.wordpress.com/2011/12/24/bukti-kegagalan-pembelajaran-fisika/
Foto: http://ototest.otomotifnet.com