Sumber: Antara

Jakarta – Mobil Toyota Land Cruiser tipe BJ 44 LX menjadi mobil yang sangat bernilai, di pameran OICC 2011 di Jakarta. Selain mobil jip 3400cc produksi 1983 itu satu-satunya di Indonesia, juga pemilik pertamanya Presiden Soeharto.

“Mobil ini kilometernya masih 25 ribu dan yang punya pertama kali adalah Pak Harto, kami tangan keempat, 2 tahun mobil ini dipegang pak Harto yang konon hadiah ulang tahun dari kedutaan besar Jepang pada tahun 1983,” ungkap Michael Done sang pemilik, saat pameran.

Ia mengisahkan, mobil itu didapatnya dari Surabaya seharga Rp 625 juta, dengan “kondisi seadanya” dan perlu dilakukan restorasi.

“Paling sulit adalah mengerjakan bagian panel-panel bitting dan kita restorasi sesuai kondisi pabrik jadi seperti baru,” katanya. Biaya restorasi menghabiskan dana Rp 200 juta.

Bodi yang lebih panjang dengan kursi penumpang tengah atau MWB (middle wheel base) yang overhang belakangnya memiliki panjang 30 cm, dengan mesin tipe 2B 24 volt.

“Velgnya saja 20 juta dan saya beli dari Amerika Serikat langsung,” katanya.

Karena itu, tak mengherankan kalau ada peminat yang berani menawar mobil itu dengan harga tinggi, bahkan ada yang menawar hingga Rp 1,2 milyar.

Namun ia belum berniat melepas mobil berkelir merah itu. Yang membuatnya sangat menyukai mobil klasik langka itu adalah bagian lis karet jendela dan plafon yang menyatu. Kondisinya masih utuh dan orisinil.

Michael mengaku pernah menguji kecepatan maksimum mobil itu hingga 110 km. Di seluruh dunia, diperkirakan populasi mobil edisi terbatas (limited edition) ada sekitar 7.000-an unit, dan satu-satunya di Indonesia.