Sumber: Tribunnews

Uban tak dapat “disembuhkan”…

Secara teori, uban terjadi akibat kurangnya oksigen di batang rambut. Papil rambut menerima sari-sari makanan dari ujung-ujung pembuluh darah dan zat yang dihisap kekurangan oksigen.

“Sehingga terjadilah rambut yang susunannya tidak baik. Hal ini memengaruhi melanin di rambut, dan terjadilah uban,” ujar Bastian Hendra, praktisi kecantikan dari Bandar Lampung.

Penyebab timbulnya uban dibagi dua, yakni jika usia muda (di bawah 25 tahun), maka uban biasanya dipengaruhi oleh keturunan/congenitalis, iklim, stres, obat-obatan baik dalam maupun luar. Sedangkan jika uban menyerang di usia tua (di atas 40 tahun), dipengaruhi oleh usia tua atau canitis semilis dan dipicu oleh obat/kosmetik misalnya pemakaian cat rambut.

Tak ada obat atau kosmetik yang dapat menghilangkan uban. Kecuali dengan cat rambut atau diwarnai, yang sifatnya sementara. Namun cat rambut ini dapat merangsang pertumbuhan uban. Sehingga efeknya dapat memperbanyak tumbuhnya rambut memutih tersebut.

Jadi baiknya gimana?

Sebaiknya anda bangga dengan karunia pemberian Allah tersebut. Bukannya tumbuhnya uban itu pertanda kita lebih bijaksana?

*sambil ngelus-ngelus uban yang sudah muncul satu-dua-tiga.*

Foto: tetap keren kan dengan uban? [suaramerdeka.com]

Iklan