Kenapa ya dulu aku tidak tawuran? Rasanya, selama di bersekolah SMA 11 pada zamanku, damai-damai saja tuh. Tak ada tawuran antar-murid dan antar-sekolah.

Berbeda dengan sekarang, anak-anak SMA melakukan tawuran, hanya karena berbeda sekolah, seolah meneruskan tradisi dari para seniornya. Bahkan lebih canggih lagi, mereka sampai berani mengindimidasi wartawan TV agar menyerahkan kaset videonya –seperti “aparat keamanan” yang keberatan kalau kelakuannya ditivikan.

Ini juga yang memicu terjadinya tawuran lebih luas (dan lebih aneh): antara pelajar SMA dan wartawan (teman-teman kamerawan TV yang dirampas kasetnya)!

Kembali ke pertanyaan awal: kenapa ya dulu aku tidak tawuran? Mungkin karena dulu waktu di luar jam sekolahku diisi oleh kumpul-kumpul dengan teman untuk mengerjakan tugas sekolah. Masih ingat, ruang tamu rumah ortuku kami fungsikan seperti kamar kos. Mulai dari mengerjakan tugas paper, melakukan pengetikan, makan, sampai tidur, semuanya dilakukan di ruang tamu ini.

Ya! Waktu itu, aku tetap rajin mengerjakan tugas sekolah, kendati prestasiku average alias rata-rata; tidak pintar, juga tidak bodoh-bodoh amat.

Kelas 2, aku diajak teman lain kelas untuk kebut-kebutan dengan motor. Jadi geng motor? Bukan! Tapi ngebut untuk mengejar waktu mentoring ke Salman ITB, yang mengharuskan kami sudah hadir di sana jam 6 pagi.

Lalu apa lagi? Oh iya, kami juga pernah melakukan lawatan ke Rancamanyar, perkampungan di tepian Citarum Dayeukolot, untuk melakukan pertandingan persahabatan sepak bola.

Selain sepak bola, energi mudaku banyak dihabiskan untuk kegiatan pencinta alam SMA: Himsipal. Hari-hariku banyak dihabiskan untuk berlatih fisik di bawah bimbingan para senior dari Himbio. Latihan fisik yang sangat melelahkan itu, membuatku terkapar di rumah; sama sekali tak sempat memikirkan untuk tawuran.

Hanya itu? Nggak juga sih. Sebagaimana anak muda pada umumnya, aku juga memikirkan… ehm… cinta. *Meski “bertepuk sebelah tangan”.

Catatan: tulisan iseng ini pindahan dari catatan di grup SMAN 11 Bandung.
Gambar tawuran: a55i.wordpress.com

Iklan