vespa_kongo

Sebagai mantan penunggang Vespa hingga awal-awal kuliah dulu, aku tertarik untuk membahas soal Vespa Kongo. Apa itu Vespa Kongo? Ini hanyalah sebutan bagi skuter Vespa non-Italia (tapi buatan Jerman), yang dibagikan khusus untuk pasukan TNI dari Garuda III yang melakukan misi perdamaian PBB di Kongo (Congo/Zaire), Afrika, pada 1963.

Selesai melaksanakan misi, seluruh personil Garuda III dihadiahi Vespa edisi khusus berkode mesin VGLB, yang berbeda dengan Vespa pada zamannya. (Menurut beberapa sumber, penghargaan pemerintah itu, selain dalam bentuk skuter Vespa, juga ada yang dalam bentuk uang tunai dan peti jarum jahit).

Perbedaannya antara lain, bahan baku Vespa Kongo adalah pelat baja yang lebih tebal dibanding Vespa pada umumnya. Vespa Kongo ini juga memiliki kelengkapan lebih dari pada Vespa made in Italy, yang banyak beredar di Indonesia (berkode mesin VBB1T atau VBB2T).

Ciri khusus dari Vespa Kongo ini adalah emblim lambang Garuda Indonesia pada sayap bagian kiri, karena tipe vespa ini hanya diperuntukan bagi pasukan Garuda Indonesia.

Menurut penelusuranku, karena eksklusifnya dan terbatasnya produksi Vespa tipe ini, Vespa Kongo banyak diburu kolektor. Para pemilik Vespa Kongo enggan melepas koleksi langka ini. Kalau pun ada yang mau menjual, Vespa Kongo dalam kondisi orisinil, ada yang menghargainya Rp 30 juta per unit!

Bukan saja kolektor dari dalam negeri, para Vespamania dari luar negeri pun turut berburu Vespa Kongo ini ke Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang sudah jatuh ke tangan mereka (alias diekspor) dengan harga tinggi.

Mari kita jaga Vespa Kongo ini agar tidak jatuh ke tangan orang asing (diekspor), karena hanya untuk di Indonesialah sebenarnya Vespa Kongo ini dibuat.

Keterangan:
Sumber tulisan: ridhowismadi.blogspot.com & dbaong.multiply.com
Foto: id-vespa.blogspot.com